LWx7NWNaNaR8LGtbNqp7NWN9yTUfATofA6YbyaV=
Wajib Tahu! Tips Era Serba Digital dan Online Bagi Pelaku UMKM Jika Ingin Pendapatan Usahanya Meningkat Drastis di Tahun 2023, Dijamin Cuan!

Wajib Tahu! Tips Era Serba Digital dan Online Bagi Pelaku UMKM Jika Ingin Pendapatan Usahanya Meningkat Drastis di Tahun 2023, Dijamin Cuan!


Perkembangan era teknologi yang begitu pesat membuat para pelaku usaha khususnya UMKM mulai beralih ke digital yang semuanya dilakukan dengan sistem online.

Namun belum tentu produk tersebut akan mudah diterima dan dipercaya oleh calon pelanggan sehingga calon pelanggan dapat melakukan transaksi penjualan. Ada beberapa faktor yang bisa membuat calon pembeli yakin untuk bertransaksi secara online, salah satunya pelaku UMKM harus bisa memastikan produk atau jasa layanan benar-benar meyakinkan calon pelanggan.

Lalu bagaimana cara pelaku UMKM menarik calon pelanggan untuk datang dan melakukan transaksi. Salah satunya dengan membuat produk terlihat menarik dan juga memiliki banyak ulasan tentang produk tersebut yang dapat meyakinkan calon pelanggan.

 

Lalu bagaimana penjelasan dan langkah-langkahnya? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

 

Pertama, anggaplah Anda sudah memiliki produk. Sebenarnya, hal terpenting sebelum Anda memproduksi dan memasarkan secara massal adalah riset tentang tren pasar dan apa yang disukai calon pelanggan dari produk Anda.

Jika sudah trik termudah untuk dilakukan adalah membagikan produk Anda secara gratis kepada 10-15 teman Anda. Lalu tunggu dan lihat tanggapan mereka. Kalau 80% katakan enak, contoh saja disini untuk produk makanan ringan, misal: enak.

Lalu jadikan Feedback dari teman-teman Anda tadi itu sebagai testimoni awal. Setelah itu, Anda bisa langsung memproduksi dan mulai menjualnya ke pasar online.

Testimoni ini penting untuk membantu pelanggan memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau tidak. Catatan: Penting sekali feedback harus jujur, tidak mengada-ada atau bohong. Tidak bagus untuk bisnis dan kedepannya. Jadi, pastikan hal ini Anda lakukan. Langkah selanjutnya.


Kedua, jika Anda berniat berjualan online di platform online apapun seperti Instagram atau marketplace hal pertama yang harus diperhatikan adalah tampilan harus meyakinkan. Baik dari segi desain kemasan produk, foto produk, brosur, dll. Semuanya harus bagus dan menarik minat pelanggan saat produk kita dipajang terlihat menonjol jika dibandingkan dengan kompetitor.


Ketiga, produknya bagus foto produknya keren desainnya juga mantap. Apa langkah selanjutnya? Memulai ledakan penjualan. Iya, tapi mau jualan gimana jika orang saja tidak tau produknya?? Nah, makannya kalau mau jualan Anda perlu melakukan pengenalan secara luas caranya adalah memberi tahu orang tentang keberadaan produk Anda Kuncinya: mendatangkan traffic atau pelanggan potensial sebanyak mungkin.

Lalu bagaimana membangun brand bisnis Anda agar lebih dikenal dan dapat meningkatkan penjualan secara online. Anda bisa melakukannya dengan memaksimalkan media sosial Anda dengan desain konten yang menarik calon pelanggan. Tidak cukup hanya itu Anda juga harus selalu mengupdate konten media sosial Anda agar tetap aktif dengan memposting konten secara rutin setiap hari, hal ini akan membuat konten Anda berpotensi tersebar luas secara online.

Dengan cara ini Anda akan meningkatkan brand Anda selain itu Anda juga dapat menggunakan layanan iklan dan endorse untuk testimonial untuk meyakinkan pelanggan baru yang potensial dengan cara itu produk akan secara otomatis tersebar luas mulut ke mulut oleh pelanggan setia dan menyukai produk atau layanan Anda.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendongkrak penjualan yang harus Anda coba: di awal, fokuskan penjualan online di media sosial terlebih dahulu dibandingkan platform lain. Mengapa? Pertama, karena masyarakat lebih aktif di media sosial saat ini tujuannya agar pembeli dapat melakukan transaksi langsung tanpa pihak ketiga.

Langkah-langkah berjualan online menggunakan media sosial: 1. Upload semua materi penjualan: foto produk, brosur, video, dll.


Keempat, mulai branding dan jualan produk di Instagram. Sampai saat ini menurut saya cara termudah untuk memulai branding online selain menggunakan website adalah Instagram.

Metode? Buatlah feed semenarik mungkin agar orang mau memfollow akun sosial media bisnis Anda. Setelah terlihat menarik dengan desain konten yang dibuat mulai optimalkan Instagram. Dengan cara beriklan di instagram atau endorse.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk meningkatkan penjual di era serba digital dan online di tahun 2023 mendatang. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Apa yang dapat kami bantu?