LWx7NWNaNaR8LGtbNqp7NWN9yTUfATofA6YbyaV=
Apakah Anda Seorang Pengusaha Pemula? Simak 6 Penjelasan Ini Agar Tidak Gagal Dalam Berbisnis

Apakah Anda Seorang Pengusaha Pemula? Simak 6 Penjelasan Ini Agar Tidak Gagal Dalam Berbisnis


Sebagai pengusaha Anda perlu mengetahui dan mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi dengan bisnis Anda dengan cara menghindarinya agar tidak gagal dalam berbisnis.

Dengan ini, penting bagi Anda untuk dapat mempertimbangkan hal-hal yang mungkin berisiko bagi perusahaan Anda, agar terhidar dari kegagalan.

Inilah 6 hal penting yang dapat Anda simak dan cermati dalam penjelasan berikut ini agar tidak gagal dalam bernisnis, yaitu:

1. Memulai Bisnis Untuk Alasan Yang Salah

Ya, salah satu hal yang dapat menyebabkan kegagalan saat memulai bisnis salah satunya yang harus Anda hindari adalah memulai bisnis dengan alasan yang salah karna tidak sedikit juga pengusaha yang ingin merintis usaha tidak memiliki tujuan pasti untuk bisnisnya itu sendiri dibangun.

Sebaiknya cobalah untuk bertanya pada diri sendiri. Apa alasan utama Anda memulai bisnis untuk menghasilkan banyak uang? Atau apakah Anda berpikir bahwa jika Anda memiliki bisnis, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga Anda?

Jika dua hal itu menarik, maka dibutuhkan lebih banyak lagi. Cobalah memulai bisnis dengan alasan berikut agar peluang suksesnya lebih tinggi.

  • Miliki gairah dan benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan.
  • Sehat jasmani dan rohani untuk menghadapi tantangan yang pasti akan muncul.
  • Memiliki tekad, kesabaran dan sikap positif. Ketika orang lain menyerah.
  • Kegagalan tidak mengalahkan Anda. Belajar dari kegagalan dan gunakan pelajaran ini untuk mencapai kesuksesan.
  • Cerdas dan terampil dalam mengambil keputusan. Hal ini diperlukan untuk setiap pengusaha agar dapat mengatasi masalah yang muncul.
  • Peduli terhadap sesama manusia sehingga dapat bergaul dengan semua lapisan masyarakat.

2. Kurangnya Modal Kerja

Penting sekali sebagai pembisnis harus memiliki minimal pengetahuan mengenai bisnis yang dijalakannya salah satu terpenting adalah modal kerja merupakan salah satu faktor penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. Tidak heran, kekurangan modal kerja menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan paling umum kegagal dalam membangun bisnis. Tentu saja, jika modal kerja tidak cukup, bisnis tidak bisa berjalan mulus dan akhirnya berujung pada kegagalan.

3. Kurangnya Perencanaan

Tidak sedikit pengusaha yang tidak memiliki perencanaan yang matang dalam membangun bisnisnya. Penting sekali seorang pengusaha memiliki perencaaan yang cukup matang agar dapat berhasil mengatasi tantangan dalam dunia bisnis yang pastinya tidaklah mudah dijalankan kesuksesan hanya akan didapat dengan perencanaan strategis, kehati-hatian dan tentu saja, kerja keras juga cerdas. 

4. Tidak Memiliki Website dan Media Sosial

Di era sekarang ini, segala sesuatu telah sangat dimudahkan oleh perkembangan teknologi. Jika ingin bertahan, Anda juga harus mulai beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Dengan berkembangnya internet dan digitalisasi media, para pengusaha harus mempertimbangkan untuk memiliki website sebagai media branding dan promosi bisnis yang sesuai dengan era sekarang ini agar tidak tertinggal dari para pesaing yang sudah terlebih dahulu terjun dan melek internet.

Pengguna internet di Indonesia saat ini semakin berkembang dan penjualan internet telah mencapai miliaran rupiah per tahun. Sehingga produk bisnis Anda lebih banyak ditemukan di internet. Jika Anda tidak memiliki website, setidaknya utamakan media sosial yang memudahkan pelanggan menemukan informasi bisnis Anda melalui internet.

Perlu Anda ketahui disaat sekarang ini bisnis tanpa website dan media sosial, membuat Anda akan sulit bersaing dengan pengusaha lain yang lebih melek internet. Oleh karena itu, jika ingin tetap bertahan dan bekembang didunia bisnis segeralah untuk mempertimbangkan memiliki website dan media sosial untuk perusahaan Anda, agar omzet online Anda bisa meningkat dan pastinya tetap bertahan diperkembangan era sekarang ini.

5. Coba Semuanya Sendiri

Maklum, memulai bisnis mengharuskan Anda terlibat dalam segala hal mulai dari penyusunan ide, rencana anggaran, produksi hingga strategi pemasaran. Namun sebaiknya jika memang dirasa penjualan dan permintaan pasar mulai meningkat dan Anda kewalahan mengejar target produksi, saatnya Anda menambah karyawan baru. 

Pada dasarnya, Anda harus dapat memahami bahwa ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri dan beberapa hal yang tidak dapat Anda lakukan sendiri apalagi secara terus menerus. Pertimbangkan untuk menambah karyawan baru untuk meringankan pekerjaan Anda dan fokus mengembangkan perusahaan di masa depan.

Sekalipun Anda merasa mampu dan memiliki keahlian di semua bidang yang terkait dengan bisnis Anda, di sisi lain, Anda perlu memahami bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus. Apalagi jika waktunya sangat terbatas. Jadi jangan coba-coba melakukan semuanya sendiri agar bisnis Anda bisa berjalan lebih cepat dan lebih fokus. Perlu diingat bahwa tidak mudah untuk melakukan semuanya sendiri, selain itu juga Anda menanggung beban dan risiko yang mungkin saja dapat terjadi hal buruk jika Anda tetap terus melakukannya sendiri.

6. Salah Memilih Lokasi Usaha

Meskipun tidak sedikit yang percaya pentingnya pemilihan lokasi usaha yang strategis. Namun, nyatanya tidak sedikit juga yang memilih lokasi bisnis yang tepat dan sesuai dengan target pasar penting untuk diperhatikan. Kecuali merek Anda sudah sangat terkenal, walaupun sangat disarankan untuk sebaiknya Anda tetap mempertimbangkan akses dan kenyamanan bagi pelanggan Anda.

Perlu diingat bahwa salah memilih lokasi usaha juga dapat mengakibatkan kegagalan usaha dan tentunya hal terburuk yang dapat terjadi adalah kebangkrutan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset menyeluruh saat memilih lokasi bisnis yang tepat. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi usaha, antara lain:

  • Dimana pelanggan berada.
  • Lalu lintas, aksesibilitas, parkir, penerangan.
  • Lokasi pesaing.
  • Kondisi dan keamanan konstruksi.
  • Tanyakan tentang sejarah lokasi, bagaimana komunitas menerima pelanggan baru, dll.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Apa yang dapat kami bantu?